6 Kunci Sukses Seorang Pelajar

6 Kunci Sukses Seorang Pelajar

6 Kunci Sukses Seorang Pelajar

Sebagai seseorang yang mencari ilmu tentu menginginkan kesuksesan dalam meraih ilmu itu sendiri. Dan ini lah 6 Kunci Sukses Seorang Pelajar yang telah di jelaskan dalam kitab ta’limul muta’allim karya Imam Al-Zarnuji yang sangat penomenal. Dalam kitab tersebut tak hanya 6 kunci sukses namun juga mencakup etika, tatakrama atau adab dalam mencari ilmu. Anjuran dan keharusan bagi para pencari ilmu tidak hanya dalam kesuksesan namun juga berkah yakni bisa bermanfaat bagi sendiri khususnya, umumnya bagi yang lain. Lalau apa 6 Kunci Sukses Seorang Pelajar tersebut? Berikut penejelasannya.

Sebagaimana dijelaskan terdapat 6 Kunci Sukses Seorang Pelajar yang mana akan kita uraikan dari penjelasan syair beliau di bawah ini :

Read More

أَلاَ لَـنْ تَنَــالُ الْــعِـلْمَ إِلاَّ بِسِــتَّةٍ سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ

ذَكاَءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِبَارٍوَبُلْغَةٍ وَإِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَطُـوْلِ زَمَانٍ

“Ingatlah! Tidak akan kamu dapatkan ilmu kecuali dengan 6 hal yang akan aku ceritakan di bawah ini :
Cerdas, Sungguh-sungguh, sabar, berbekal, petunjuk dan bimbingan guru, dan waktu (zaman) yang lama”

Cerdas

Tentu kita tahu setiap orang yang dilahirkan di dunia ini terlahir cerdas, tidak ada yang terlahir bodoh, yang ada hanya malas sehingga di tidak memahami apa yang telah di sampaikan dan kategorikan tidak cerdas (bodoh). Bahkan, para ulama membagi kecerdasan manusia dalam dua kategori :

  • مهيبة من الله (muhibatum minallah) artinya kecerdasan ini adalah pemberian langsung dari Allah, seperti memiliki hafalan yang sangat kuat, atau seperti laduni yakni kecerdasan yang hanya Allah berikan kepada hamba Allah yang bertaqwa
  • مكتسب (muktasab) adalah kecerdasan yang di peroleh melalui usaha, seperti halnya dengan mencatat, kemudian menghafalkan dengan mengulang-ulang hingga mahir dl.

Namun, pada literasi literasi lain, ada beberapa kecerdasan yang perlu kita asah untuk mengembangkan diri diantaranya adalah kecerdasan emosional, logika, intrapersonal, interpersonal, gerak, musik, spesial dan kecerdasan naturalis.

6 Kunci Sukses Seorang Pelajar
Illustrasi dalam mencari ilmu dahulu (halaqoh)

Sungguh-sungguh

Sungguh-sungguh (strugle) merupakan syarat kedua dari 6 Kunci Sukses Seorang Pelajar, tanpa adanya sungguh ilmu tidak akan kita dapatkan. Barang siapa “bersungguh-sungguh ia akan berhasil” itu pepatah yang biasa kita ingat. Bahkan Imam Syafi’i pernah memberikan nasihat kepada setiap orang yang mencari ilmu agar bersungguh-sungguh dan siap bersusah payah dalam mencari ilmu :

مَنْ لَمْ يَذُقْ ذُلَّ التَّعَلُّمِ سَاعَةً # تَجَرَّعْ ذُلَّ الْجَهْلِ طُولَ حَيَاتِهِ
Barang siapa tidak mau merasakan panyahnya belajar walau sesaat saja, Niscaya ia akan merasakan hinanya kebodohan sepanjang hidup

Dan ini menjadi syarat mutlak agar ilmu bisa di raih, bagaimana tidak, seseorang bisa meraih ilmu tanpa bersunguh-sungguh? Atau kita kenal dengan bahasa Rebahan, tentu tidak mungkin bukan? Maka dari itu sungguh-sungguh menjadi syarat kedua setelah cerdas.

Sabar

Yang Ketiga adalah sabar, dalam menuntut ilmu dibutuhkan kesabaran, sabar dalam belajar di uji saat menerima pemahaman dalam arti pelajaran yang di sampaikan belum seutuhnya dapat di fahami, meski dengan usaha yang lebih. Bahkan para ‘Ulama juga membagi kesabaran dalam 3 hal : dalam ketaatan, dalam musibah, dan dalam kemaksiatan. Dan mencari ilmu adalah termasuk ketaatan karena proses melaksanakan perintah mencari ilmu.

Berbekal

Berbekal dalam mencari ilmu penting, bekal dalam mencari ilmu seperti seseorang yang akan pergi perang ke medan perang. Tanpa bekal berperang maka akan mati sia-sia. Begitu juga dengan mencari ilmu, bekal di butuhkan karena bagaimana bisa bertahan dalam mencari ilmu bila tanpa perbekalan? Bahkan Syekh Abdul Qodir Al-Jailani semasa kecil di perintahkan oleh ibu beliau untuk mencari ilmu pun di bekali dengan 40 Dirham Emas.

Petunjuk dan bimbingan guru

Bagian ini juga menjadi bagian terpenting, bagaimana tidak, keberkahan ilmu seorang murid adalah karena sang guru. Maka, petunjuk dan bimbingan guru untuk meraih kesuksesan sangatlah penting. Sebagaimana contoh, seseorang belajar secara otodidak tanpa adanya petunjuk guru, maka akan salah langkah. Maka penting bagi seorang pencari ilmu seorang guru, hal ini semata karena mengharap keridhoan Allah SWT. Jangan sampai ilmu yang di cari seperti Kisah Tragis Santri Yang Hafal Kitab Tuhfatul Muhtaj Yang Jadi Penjual Arang. Na’udzubillah min dzalik.

Waktu (zaman) yang lama

Bagian terakhir dari 6 Kunci Sukses Seorang Pelajar adalah waktu yang lama. Sebagaimana kita tahu kita belajar dari mulai TK, SD, SMP, SMA dan Kuliah tentu waktu yang lama. Dan belum sampai di situ, salah satu ‘Ulama Al-Qadhi Iyadh pernah di tanya: “Wahai Syekh, Sampai kapan seseorang harus menuntut ilmu?” Beliau pun menjawab: ”Batas seseorang mencari ilmu sampai ia meninggal dan ikut keliang lahat

Itulah 6 Kunci Sukses Seorang Pelajar yang admin tulisanguru.com bisa uraikan semoga bisa menginspirasi para pembaca setia. Dan semoga ilmu yang di cari bermanfaat, dan terhindar dari ilmu yang tidak berkah. Amiin 🤲🏻Wallau A’lam Bishowab

admin
Hanya seorang guru biasa yang masih perlu banyak belajar segala hal
Dukung Owner Dengan berdonasi Apabila Artikel Aini Bermanfaat
Pilih Metode Donasi
Klik tombol merah untuk donasi apabila merasa terbantu dengan artikel ini!


Related posts